Biasakan Bahasa Verbal Bagi Anak Tuna Rungu

BANDUNG, (PRLM).-Peran orang tua dalam mengajarkan bahasa verbal kepada anak dengan gangguan pendengaran (hearing impairment kids) atau tuna rungu, harus dimulai sejak anak usia dini. Hal ini ditujukan sebagai persiapan anak dalam memasuki pendidikan inklusi.

“Ketika masuk sekolah, diharapkan si anak sudah siap secara komunikasi dengan lingkungan pembelajarannya,” ungkap Praktisi Bahasa Verbal, Srihadi W. Zarkasyi, seusai acara diskusi dengan tema, “Mengajarkan Bahasa Verbal Kepada Anak Tuna Rungu Sebagai dasar Pendidikan Inklusi”, di Aula Graha Sanusi Hadjadinata Unpad, Bandung, Rabu (15/12).

Orang tua, kata Srihadi, harus membiasakan diri untuk menerapkan pembelajaran dan arti kata kepada anak tuna rungu sejak dini. Idealnya, anak usia dibawah lima tahun sudah dapat terbiasa dengan membaca gerak bibir, dan mengerti cara pengucapannya.

Jika sudah dapat berkomunikasi dengan baik, kata dia, si anak tinggal fokus pada proses pembelajaran di sekolah, atau pengembangan kosakata baru. Ada baiknya jika ditambah pelajaran les di rumah, yang dapat dijadikan sebagai unsur pengulang dari pelajaran di sekolah. Hal ini sebagai langkah antisipasi jika anak belum mampu menangkap pembicaraan atau komunikasi guru secara baik di sekolah.

Selama ini, ia menambahkan, anak tuna rungu selalu dianggap tuli dan akhirnya akan menjadi bisu. Setelah itu, banyak yang akhirnya mengembangkan pola komunikasi dengan sign language, atau bahasa isyarat.

“Pendidikan inklusi itu kan berada di sekolah umum, jika memakai bahasa isyarat, belum tentu dapat dimengerti semua orang, termasuk guru di sekolah. Si anak diharapkan dapat memakai komunikasi layaknya orang normal, seperti berbicara dan menangkap pembicaraan orang lain,” tutur Srihadi. (A-196/kur).

Read more: http://m.pikiran-rakyat.com/node/129819

Iklan
Categories: BERITA, BERITA BARU | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: