Perancangan media pembelajaran berbasiskan komunikasi visual untuk anak-anak tuna rungu

Sekolah Luar Biasa Tuna Rungu “Karya Mulia” adalah sebuah sekolah
yang mengajar anak-anak tuna rungu menjadi orang yang lebih komunikatif dan
berpendidikan. Memang banyak media pembelajaran yang beredar tetapi media-media
tersebut hanya diperuntukan untuk anak-anak normal saja. Sehingga media
pembelajaran yang efektif bagi anak?anak tuna rungu sangat kurang, dan hal itu
menjadi salah satu hambatan dalam pembelajaran anak-anak tuna rungu di
Sekolah Luar Biasa.
Oleh karena itu untuk mempermudah dan menarik anak ?anak tuna rungu
di sekolah lebih cepat dalam belajar, dibuat sebuah media komunikasi visual yang
berfungsi sebagai media pembelajaran. Dengan media ini sistem pengajaran
diharapkan dapat lebih efektif membantu mereka belajar dengan benar. Dimana
media tesebut mempunyai fungsi sebagai alat peraga pengajaran, dapat menarik
dan mudah untuk dibelajari, efektif untuk pembelajaran anak-anak tuna rungu dan
mempunyai isi yang bermanfaat bagi anak-anak tuna rungu.
Untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang efektif guna
memenuhi kebutuhan dan karakteristik anak-anak tuna rungu maka media
komunikasi visual pembelajaran dirancang dengan menggunakan pendekatan
rasional, dengan pendekatan ini dapat menghasilkan media yang dibutuhkan dan
sesuai dengan karakteristik anak-anak tuna rungu. Pendekatan rasional pada
perancangan ini yaiut dengan cara mewawancara, mengobservasi, dan mencari
sumber-sumber yang berkaitan dengan perancangan. Kemudian pendekatan
rasional tersebut dikembangkan lewat pendekatan-pendekatan kreatif dengan cara
merancang media yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak-anak tuna
rungu.
Media pembelajaran ini terdiri atas buku ajar dan poster pembelajaran.
Media pembelajaran ini berisikan gambar ilustrasi kartun yang dilengkapi dengan
bahasa isyarat. Di dalamnya terdapat pembelajaran tentang ligkungan sekitar dan
pembelajaran umum seperti angka, huruf, waktu, dan lain-lain. Media ini
mempunyai tokoh yang bernama Bara, Bara adalah figur yang dijadikan teman
bagi anak-anak tuna rungu dalam pembelajaran media ini. Karena keterbatasan
waktu maka perancangan media komunikasi visual ini belum pernah dipraktekkan
di depan kelas Sekolah Luar Biasa Tuna Rungu maka karya perancangan ini
belum dijamin keefektifannya dan belum tentu benar-benar sesuai dengan
kebutuhan dan karakteristik anak-anak tuna rungu. Meskipun demikian, karena
perancangan media komunikasi visual ini telah dirancang melalui metode dan
prosedur yang nalar dan ilmiah maka diduga secara teoritis media tersebut efektif.
Media buku ajar dan poster pembelajaran ini sangat berguna bagi anak
tuna rungu dalam pembelajarannya di Sekolah Luar Biasa. Seperti yang dikatakan
bahwa perancangan ini masih mempunyai keterbatasan, sehingga diharapkan
perancangan media pembelajaran berbasiskan komunikasi visual untuk anak-anak
tuna rungu dapat disempurnakan dan lebih dikembangkan.

Read more: http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_8113.html

Iklan
Categories: BERITA BARU | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: